Sistem Operasi, Apakah itu?

Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang paling penting yang berjalan pada komputer. Sitem Operasi adalah suatu software yang berisi susunan instruksi yang melakukan berbagai macam tugas pada komputer. Sistem operasi melakukan banyak tugas penting untuk komputer Anda.

Dia mengontrol memori yang dibutuhkan untuk proses komputer, mengelola ruang disk hingga kontrol peralatan yang sudah terpasang di dalamnya. Sistem operasi memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan komputer tanpa tahu persis bagaimana komputer bekerja. Tanpa sistem operasi, komputer tidak berguna.


Tugas Sistem Operasi
Anda mungkin pernah mendengar kalimat 'boot komputer Anda', tetapi apakah Anda tahu apa artinya? Booting adalah proses yang terjadi ketika Anda menekan tombol daya untuk menghidupkan komputer Anda. Pada akhir pada proses booting tersebut, sistem operasi muncul di layar komputer.
 Tampilan sistem operasi Windows 7 setelah selesai booting

Dari titik ini, sistem operasi mulai melakukan tugasnya mengendalikan fungsi komputer. Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengelola perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Pada dasarnya, sistem operasi berfungsi sebagai bos, atau manajer, dan memastikan semua bagian dari komputer mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan menjalankan tugas-tugas yang diberikan.

Setelah sistem operasi berjalan, Anda dapat bekerja dengan dokumen, mencetak, dan buka browser Anda untuk melayari internet pada waktu yang bersamaan. Ketiga program perlu mendapat perhatian dari unit pengolahan pusat (Central Processing Unit - CPU) untuk melakukan tugas apapun yang Anda perintahkan.

Program-program ini membutuhkan memori dan penyimpanan, dan perlu terhubung dengan perangkat keras lainnya seperti keyboard, mouse dan printer untuk menyelesaikan semua tugas ini.
 

Tipe Sistem Operasi

Sistem operasi dapat dibeli dengan mudah dan dapat dipasang dengan mudah di sebuah komputer, baik desktop maupun laptop. Sistem operasi dapat di ganti bila diinginkan, dan dapat juga di-upgrade bila terdapat sistem operasi terbaru.

Tiga sistem operasi yang paling umum untuk komputer pribadi adalah Microsoft Windows, Apple Mac OS, dan Linux.
Logo sistem operasi

Masing-masing sistem operasi menggunakan graphical user interface (GUI), yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Pada masa awal lahirnya komputer, pengguna berinteraksi dengan komputer dengan cara mengetik perintah yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan, Dengan GUI, Anda tidak perlu lagi mengetik perintah, tetapi cukup dengan klik ikon sana-sini GUI untuk menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas.

Misalnya, jika Anda ingin komputer Anda untuk membuka browser, Internet Explorer, cukup klik dua kali ikon Internet Explorer pada desktop, atau pilih dari menu Start, atau klik ikon sekali di taskbar.

Tampilan sistem operasi:

Window
Microsoft menerbitkan sistem operasi Windows pertama kali pada pertengahan 1980-an dengan 2 versi; untuk pengguna rumah dan versi profesional untuk pebisnis. Perbedaan kedua versi tersebut ada pada dukungan jaringan, keamanan, dan dukungan multimedia.

Windows adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki hak cipta, yang berarti bahwa Microsoft telah menempatkan pembatasan bagaimana Anda dapat menggunakannya. Saat ini Windows terpasang di sebagian besar (+90%) komputer (desktop dan laptop) yang ada di dunia, baik yang dipasang pada saat pembelian atau dibeli secara terpisah. Terakhir, Windows sudah mengeluarkan Windows 7 dengan harga termurah sekitar Rp. 470.000,- untuk edisi pemula dan termahal sekitar Rp. 1.760.000,- untuk edisi yang paling lengkap (ultimate).



Mac OS
Mac OS adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Apple Inc. Sistem operasi Mac adalah perangkat lunak yang memiliki hak cipta dan dimuat pada semua komputer Macintosh baru. Versi terbaru dari sistem operasi ini disebut Mac OS X (diucapkan Mac OS Ten). Seperti Microsoft, Apple menawarkan versi profesional sistem operasi yang dimaksudkan untuk digunakan pada server dan versi dari sistem operasi yang dikembangkan untuk pengguna rumahan.

Linux
Linux adalah sistem operasi terbuka (open source), atau gratis. Tidak seperti Windows dan Mac OS, Linux bukan perangkat lunak berpemilik dan semua kode komputer yang terdapat di dalamnya yang merupakan bagian dari sistem operasi dapat digunakan dan dimodifikasi oleh semua pengguna. Linux dimulai pada 1990-an ketika Linus Torvalds (pencetus linux),  tertarik untuk membuat sistem operasi bebas, dia mengembangkan Linux (mengucapkan lynn-ux) kernal, yang merupakan kode-kode komputer yang merupakan bagian utama dari sebuah sistem operasi.

Sebagai perangkat lunak open source, setiap individu atau perusahaan dapat mengambil kernal Linux dan memodifikasi dan menambahkannya sesuai keinginan masing-masing. Ratusan perusahaan dan individu telah mengambil kernal Linux dan menambahkan program tambahan untuk membuat berbagai versi sistem operasi Linux. Versi ini dikenal sebagai distribusi dan tersedia untuk download gratis.

Linux sangat populer dalam bisnis, khususnya untuk server, karena mudah beradaptasi. Kurang dari 1% dari seluruh komputer di dunia yang menggunakan Linux. Walaupun demikian, Linux merupakan alternatif menarik untuk menyaingi sistem operasi komersial.

Meskipun digunakan dalam banyak bisnis untuk server, Anda tidak perlu memiliki keahlian pemrograman khusus untuk men-download dan menggunakan Linux. Bahkan, jika Anda ingin mencoba Linux, Anda tidak harus benar-benar menginstalnya pada komputer Anda. Beberapa versi dari sistem operasi dapat diunduh dan dibakar serta dijalankan langsung dari CDROM.

Dua distro Linux yang populer adalah Ubuntu dan Red Hat. Ubuntu adalah sepenuhnya gratis dan tersedia dalam versi khusus untuk pengguna rumahan. Sedangkan Red Hat dimiliki oleh perusahaan yang menawarkan dukungan teknis dan pelatihan untuk bisnis yang menggunakan versi sistem operasi Red Hat Linux.
Untuk mendapatkan dukungan teknis dan pelatihan Red Hat, Anda harus membayar kepada perusahaan Red Hat.

0 komentar:

Post a Comment

(C) Afdhal Computer. Powered by Blogger.