Perangkat Dasar Sebuah Komputer

Perangkat dasar untuk satu unit komputer adalah; cpu, monitor, keyboard, mouse dan kabel-kabel.
Selain bagian ini tersebut, perangkat lainnya seperti printer, speaker, stabilizer dan lain-lain disebut peripheral atau perlengkapan tambahan komputer, yang membuat sistem komputer lebih berguna dan memungkinkan Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas tambahan. Mari kita melihat komponen perangkat dasar, atau hal-hal yang diperlukan agar Anda dapat berinteraksi dengan komputer.


Casing

Casing, atau sering disebut CPU adalah kotak logam/plastik yang berisi komponen-komponen utama dari komputer. didalamnya berisi motherboard, processor, power supply, memori, hard disk dan-lain.

Casing tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran dan ditempatkan di atas atau di bawah meja. Di bagian depan casing terdapat tombol on/off, tombol reset, CD Drive, lampu indikator dan slot usb sert slot audio. Sedangkan dibagian belakang casing terdapat berbagai jenis konektor yang menghubungkan casing dengan perangkat lain melalui kabel.
Casing atau CPU
Monitor

Monitor terhubung dengan kartu video yang terdapat di casing untuk menampilkan gambar dan teks pada layar. Dua jenis utama monitor adalah cathode ray tube (CRT) and liquid crystal display (LCD).
Monitor LCD




Monitor CRT

Monitor CRT ukurannya lebih besar dan memakan banyak tempat di meja dengan harga yang lebih murah. Monitor LCD lebih tipis dan lebih hemat energi dengan harga sedikit lebih mahal. Saat ini sudah jarang ditemukan komputer dengan menggunakan monitor CRT, disebabkan oleh harga monitor LCD yang terus turun dan kian terjangkau, yang menjadikan LCD menjadi monitor standar untuk setiap komputer baru.

Monitor memiliki tombol on/off dan tombol kontrol lainnya yang memungkinkan Anda untuk menyetel layar monitor sesuai keinginan. Tombol kontrol bisa terdapat di depan atau di samping monitor. Beberapa monitor bahkan memiliki speaker yang menyatu dengannya. dan untuk LCD bahkan ada yang mampu berinteraksi langsung dengan pengguna melalui kemampuan sentuh yang dimilikinya.

Keyboard

Keyboard menyerupai mesin ketik yang memiliki tombol-tombol huruf, angka dan tombol fungsi lainnya. Keyboard adalah alat utama kita berkomunikasi dengan komputer dan memasukkan data. Ada berbagai jenis keyboard untuk komputer seperti; berkabel,  tanpa kabel, ergonomis, multimedia, dan banyak lagi. Kadang ada perbedaan dalam penempatan beberapa tombol atau fitur antara satu keyboard dengan keyboard lain.
Keyboard tanpa kabel


Mouse

Mouse adalah perangkat perangkat penunjuk yang memungkinkan Anda menunjuk ke objek di layar, meng-klik lokasi tertentu, dan memindahkan sesuatu di layar monitor. Awalnya, mouse hanya dianggap sebagai perangkat pilihan, tapi sekarang semua komputer desktop harus dilengkapi dengan mouse.

Ada dua jenis utama mouse; optik dan mekanik. Mouse optik menggunakan mata elektronik untuk mendeteksi gerakan dan mudah dibersihkan. Mouse mekanik menggunakan bola menggelinding untuk mendeteksi gerakan dan lebih sulit dibersihkan. Saat ini sudah sangat jarang ditemukan mouse yang menggunakan bola mekanik (trackball).
 Mouse optikal

0 komentar:

Post a Comment

(C) Afdhal Computer. Powered by Blogger.