Menginstal Windows 7

Pada bagian ini, akan kita pelajari persiapan pra-instalasi sekaligus belajar cara menginstal Windows 7 berikut dengan perangkat yang menyertainya dan pemasangan hardware.

Persiapan pra-instalasi

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum instalasi dimulai.
  1. Download dan jalankan Windows 7 Upgrade Advisor untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh komputer Anda sebelum di upgrade
  2. Ketahui terlebih dahulu apakah komputer Anda berjalan dalam 32-bit atau 64-bit
  3. Ketahui terlebih dahulu Upgrade Consideration apakah komputer Anda dapat di upgrade langsung dari Vista atau diperlukan instalasi bersih dari awal
  4. Tentukankan versi Windows 7 yang akan dipasang
Pastikan juga Anda memiliki koneksi internet yang bekerja untuk instalasi, karena ada kemungkinan Anda akan diminta untuk men-download dan menginstal update keamanan dan driver hardware tertentu.

Disarankan juga agar Anda memperbarui program antivirus. Setelah diperbarui, antivirus tersebut dimatikan untuk sementara. Setelah instalasi selesai, program antivirus tersebut dapat diaktifkan kembali atau instal antivirus baru yang kompatibel dengan Windows 7.


Mengamankan dan Memindahkan File Anda

Sebelum instalasi dimulai, sebaiknya Anda mengamankan semua file ke dalam CD/DVD, flashdisk atau harddisk external, meskipun Anda hanya melakukan upgrade yang sederhana.

Jika Anda melakukan instalasi bersih, diperlukan membuat cadangan dan mentransfer file serta pengaturannya. Anda juga akan perlu mengumpulkan disc instalasi bawaan dan program-program untuk diinstal ulang semuanya. Jika ada program yang sebelumnya diinstal dari internet, maka Anda juga harus menyimpan file settingan untuk program tersebut.

Anda disarankan menggunakan Windows Easy Transfer (WET) untuk membuat cadangan dan mentransfer file serta menyimpan pengaturannya


Perlengkapan Sebelum Memulai
  • DVD instalasi Windows 7 atau file instalasi Windows 7 jika dibeli secara online
  • Product keys yang berisi 25 karakter (ada di belakang kotak DVD atau di email jika dibeli secara online)
Anda sekarang sudah siap untuk menginstal sistem operasi Windows 7. Ikuti langkah2 yang ada di layar monitor Anda.
Untuk instalasi bersih, Anda sebaiknya menggunakan jasa layanan para profesional yang sudah biasa melakukan instalasi Windows 7.


Instalasi Perangkat

Banyak dari perangkat Anda, seperti kamera dan ponsel, akan dikenali langsung oleh Windows 7 dan dapat diinstal hanya dengan menancapkan mereka ke PC Anda. Microsoft menciptakan device stage (tahapan pengenalan perangkat) agar Windows 7 dapat bekerjasama dengan perangkat secara lebih mudah. Setelah dicolokkan, device stage akan menyediakan menu tugas yang harus dilakukan, update dan pilihan untuk perangkat yang kompatibel dan printer. Hal ini cukup memberikan kemudahan, namun tidak semua perangkat dan printer dapat dikenali langsung. Microsoft mengandalkan vendor dan produsen untuk membuat perangkat mereka kompatibel dengan Windows 7. Oleh karena itu, sulit untuk mengatakan seberapa baik device stage bekerja.

Jika Anda mengalami kesulitan menginstal perangkat keras, kunjungi Microsoft's Hardware Troubleshooting  untuk mendapatkan petunjuk pada Windows Update, download driver, file instalasi printer dan banyak lagi yang lainnya.

Windows 7 memiliki folder perangkat dan printer model baru, dimana Anda dapat melihat semua akses dari perangkat yang terhubung ke komputer Anda.
Kunjungi search bar dan ketik Devices and Printers untuk menemukan folder ini.
Jika Anda ingin memastikan apakah perangkat yang akan anda beli sudah kompatible dengan Windows 7, kunjungi Windows 7 Compatibility Center. 

0 komentar:

Post a Comment

(C) Afdhal Computer. Powered by Blogger.