Komputer, Apakah Itu?

Komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau "data." Ia memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Anda dapat menggunakan komputer untuk jenis dokumen, mengirim email, dan surfing internet. Anda juga dapat menggunakannya untuk menangani spreadsheet, akuntansi, manajemen database, presentasi, permainan, dan banyak lagi.

Disadari atau tidak, komputer memainkan peranan penting dalam hidup kita. Bila Anda menarik uang tunai dari ATM, scan belanjaan di toko, atau menggunakan kalkulator, Anda sudah menggunakan komputer.

Untukyang baru kenal komputer, bagian komputer di toko elektronik bisa menjadi sangat misteri, mungkin malah luar biasa. Namun, komputer sebenarnya tidak begitu misterius. Semua jenis komputer terdiri dari dua bagian dasar - hardware dan software.

Hardware adalah setiap bagian dari komputer Anda yang memiliki struktur fisik, seperti monitor komputer atau keyboard. Jika Anda bisa menyentuhnya, maka itu dinamakan perangkat keras. Software adalah setiap set instruksi yang memberitahu perangkat keras apa yang harus dilakukan. Software adalah panduan bagi hardware yang memberitahukan bagaimana cara menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Komputer Desktop
 Komputer Desktop

Komputer desktop digunakan di tempat kerja, rumah, sekolah, atau perpustakaan. Mereka bisa kecil, menengah, maupun besar, dan biasanya ditempatkan di atas meja. Istilah desktop sebenarnya mengacu pada casing, atau tower. Setelah Anda menambahkan monitor, mouse, dan keyboard, Anda memiliki apa yang biasanya dikenal sebagai satu unit komputer desktop.

Komputer desktop paling mudah untuk ditingkatkan dan diperluas kemampuannya, atau ditambahkan bagian baru. Peningkatan kemampuan itu di sebut upgrade. Selain upgrade, keuntungan lain komputer desktop adalah dari segi biaya. Jika Anda membandingkan harga sebuah komputer desktop dengan 1 GB RAM dan 250 GB hard drive untuk laptop dengan fitur yang sama, maka kemungkinan besar dapat dipastikan bahwa harga komputer desktop lebih murah dibandingkan dengan harga laptop.

Komputer Potabel (Laptop)
 Laptop

Komputer portabel atau laptop bisa menggunakan baterai dan arus listrik melalui sebuah adaptor yang dapat dengan mudah dibawa dan digunakan di berbagai lokasi.

Dilihat dari sisi ukuranlaptop sulit untuk ditingkatkan kempampuannya atau sulit untuk di-upgrade. Keunggulan komputer desktop adalah relatif mudah untuk membuka dan mengakses komponen internal untuk upgrade dan perbaikan bila diperlukan, dan keunggulan lapotop adalah ukurannya yang kecil dan mudah dibawa.

Tipe Komputer
Dua jenis komputer adalah komputer IBM kompatibel dan Macintosh. Komputer pribadi pertama yang diproduksi oleh IBM pada tahun 1981 dan disebut IBM PC. Pada tahun 1984, Apple Computer memperkenalkan Macintosh, atau Mac, dan itu menjadi komputer pribadi pertama secara luas dijual dengan antarmuka penggunaan grafis atau GUI. Meskipun kedua komputer IBM dan Apple adalah komputer pribadi, PC (personal computer) menjadi istilah untuk merujuk pada IBM atau komputer pribadi IBM-kompatibel.

 i-Mac

Sekarang Apple memproduksi komputer Macintosh disebut iMac, yang merupakan komputer desktop yang memiliki semuanya dalam satu desain, ini berarti semua komponen internal yang terletak di belakang monitor. Sedangkan pada PC, komponen lain diletakkan di dalam casing.


0 komentar:

Post a Comment

(C) Afdhal Computer. Powered by Blogger.