Apa Isi Sebuah Komputer?

Apakah Anda pernah melihat isi sebuah casing komputer? Atau melihat gambarnya? 
Bagian-bagian kecilnya akan terlihat sangat rumit, tetapi bagian dalam komputer sebenarnya tidak terlalu misterius. Berikut ini akan kita bongkar isinya satu persatu.

Prosesor
Prosesor terpasang pada motherboard yang merupakan otak dari komputer. Tugasnya adalah untuk melaksanakan perintah. Setiap kali Anda menekan tombol, klik mouse, atau mulai aplikasi, Anda sudah mengirimkan instruksi atau perintah ke prosesor.

Prosesor menentukan seberapa cepat komputer dapat mengeksekusi instruksi. Kecepatan prosesor diukur dalam gigahertz (GHz) atau milyaran instruksi per detik. Jadi, semakin tinggi hertz, semakin cepat komputer dapat memproses instruksi. Kekuatan prosesor diukur dalam bit. Semakin besar bit suatu prosesor akan dapat menangani, semakin banyak data yang dapat ditangani.

Prosesor umumnya berbentuk persegi, dengan ukuran terkecil saat ini kurang dari 1,5 inci dengan chip silikon berada di dalam. Presesor hanya cocok dengan soket masing-masing, yang dilengkapi oleh heat sink dan kipas sebagai pendingin atau pembuang panas. Produsen utama prosesor saat ini adalah; Intel, Cyrix, VIA, dan AMD.


Memory
Memory atau RAM (Random Access Memory) adalah memori sistem untuk jangka pendek. Data disimpan sementara di sini sampai Anda menyimpan pekerjaan Anda ke hard disk. RAM digunakan oleh sistem untuk menyimpan data yang diolah oleh prosesor komputer.

Pekerjaan komputer berlangsung di memori. Di sinilah program dijalankan dan disimpan untuk sementara ketika Anda menggunakan Word untuk membuat surat, atau Excel untuk menghasilkan spreadsheet.

Data yang disimpan di memori jangka pendek hilang saat komputer dimatikan, untuk menyimpannya secara permanen, Anda harus menyimpannya ke dalam hard disk sebelum komputer dimatikan.

Semakin tinggi memory yang Anda miliki, semakin banyak pekerjaan yang dapat dilakukuan oleh komputer pada waktu yang bersamaan, dan semakin cepat komputer Anda melakukan tugas-tugas tertentu. Memory diukur dalam megabytes (MB) atau gigabyte (GB).

Untuk memahami megabyte dan gigabyte, Anda perlu tahu tentang bit dan byte. Bit adalah unit terkecil data dalam pengolahan komputer. Byte adalah kelompok delapan bit. Megabyte adalah sekitar satu juta byte. Gigabyte adalah 1.024 megabyte.

Sebagai gambaran, bayangkan bahwa satu halaman kertas dengan pencetakan satu spasi berisi sekitar 3.000 karakter. Satu MB menampung sekitar 400 halaman teks satu spasi tersebut.


Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit utama komputer yang merupakan pelat tipis terdiri dari beberapa lapis tempat dipasangnya prosesor, memori, konektor untuk harddisk, disk optik, kartu ekspansi untuk mengontrol video dan audio, serta berbagai port eksternal dan peripheral.


Harddisk
Harddisk adalah pusat data komputer. Semua program-program Anda disimpan di sini secara permanen. Harddisk memiliki beberapa kecepatan yang menentukan seberapa cepat komputer Anda memulai dan menampung beban sebuah atau beberapa program.

 
Drive Optik
Drive optik adalah bertugas membaca dan menyimpan data pada cakram optik. Beberapa drive hanya dapat membaca saja, tetapi belakangan ini semakin banyak penggunaan drive yang selain dapat membaca juga dapat menulis/membakar


Slot Expansi
Slot ekspansi adalah slot yang dapat Anda pasangka peralatan tambahan untuk memperluas kemampuan komputer. Kartu ekspansi dimasukkan ke dalam slot ekspansi pada motherboard. Perangkat tambahan yang dapat ditambahkan ke slot ekspansi adalah; video cand, sound card, modem dan lain-lain.

 
Video card
Video card bertanggung jawab terhadap apa yang akan Anda lihat pada layar monitor. Jika Anda suka bermain game grafis pada komputer, video card yang bagus sudah pasti diperlukan. Pada beberapa motherboard fitur video sudah terintegrasi sehingga tidak diperlukan video card terpisah.


Sound Card
Sound card atau audio card memungkinkan komputer Anda mengeluarkan suara melalui speaker. Pada beberapa motherboard fitur suara sudah terintegrasi sehingga tidak diperlukan sound card terpisah.


Power Supply
Power supply bertugas mengubah daya dari stopkontak menjadi jenis daya yang dibutuhkan oleh komputer. Mengirimkan daya melalui kabel ke motherboard dan komponen lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

(C) Afdhal Computer. Powered by Blogger.